DAYA OKSIDASI RELATIF HALOGEN DAN IDENTIFIKASI HALIDA

Posted: Mei 14, 2013 in Chem-is-Try

DAYA OKSIDASI RELATIF HALOGEN DAN IDENTIFIKASI HALIDA

Unsur halogen atau unsur golongan VII A terdiri dari lima unsur diantaranya Flor, Klor, Brom, Iod, dan astatin. Namun dalam praktikum hanya brom, klor, dan iod saja yang diuji. Flor dan astatin tidak diuji karena flor sangat reaktif dan astatin merupakan unsur radioktif.
a. Pelarutan halogen dalam senyawa organik (TCE) dan air
Halogen dilarutkan dalam senyawa organik TCE (triklor etana). Dari ketiga air halogen yang dilarutkan tersebut tidak ada satupun yanglarut dalam TCE. Setelah direaksikan ketiganya tidak menyatu dalam TCE dan membenuk dua lapisan warna yang berbeda untuk setiap unsur halogen. Awalnya air brom berwarna merah kecokelatan, air iod berarna merah kecokelatan yang lebih muda semetara air klor tidak berwarna (bening) sama halnya dengan pelarut organik TCE yang juga tidak berwarna . Pada pencampuran brom dengan TCE dihasilkan dua lapis warna dimana terbentuk warna….di bagian atasdan warna..di bagian bawah.Warna yang berbeda ditunjukkan oleh unsur iod dimana dua lapisan warna yang terbentuk adalah warna …di bagian atasdan warna…di bagian bawah. Sementara itu air kor dan TCE yang sama sama bening pun tidak dapat tercampur.
Sementara itu hal yang berbedaterjadi ketika airhalogen direaksikan dalam aquades. Kali ini airhalogen dpat larut dan menghasilkan warna yang khas. Campuran brom dengan aquades enghasilkan warna…..klor dengan aquades menghsilkan warna…dan campran aquades dengan aquades tidak merubah warna(warna tetap bening).

b. Daya oksidasi relatif halogen
Dari atas ke bawah (cl, br , i ) daya oksidasi semakin kecil. Ini berarti cl dapat mengoksidai br dan i. Br dapat mengoksiasi i namun tidak dapat mengoksidasi br. Sementara i tidak dapat mengoksidasi baik br maupun cl.
1. Br2 dan cl-
Daya oksidasi br < cl sehingga br tidak dapat mengoksidasi cl.
Br2 + cl- =
Br yang tidak dapat mengoksidasi cl ditenjukkan padapraktikumd dilmana br2 yang telah direaksikan dengan TCE tidak mengalami perubahanwarna pasca direaksikan dengan cl.
2. Br2 dan i-
Daya oksidasi br lebih besar daripada i. Dengan demikian brdapat mengoksidasi i.
Br2 + i- = br- + I2
Br2 dalam keadaan bebas mampu mendesak ion i- sehingga br2 menjadi terikat br- sedangkan i-menjadi bentuk bebas (I2)
3. Cl2 dan br-
Klor memiliki daya oksidasi yang lebih besr dari br ehingga cl2 dapat mendesak br- sehingga cl2 menjadi terikat (cl-) sedangkan br- menjadi bentuk bebas br2.
4. Cl2 dapat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s