“Cikuray”,Semerunya Tanah Sunda

Posted: Januari 11, 2013 in WISATA

Image

Terinspirasi  sama cerita temen yang abis nonton Film ‘5 cm ‘.Dia Bilang “Wah aku mau ke Semeru soalnya liat di film kemarin luar biasa lhoo pemandangnnya kita bias liat awan di sekeliling kita kyak di surgaa giuu dech (emangnya kamu liat dmane tempat itu kyak surgaa??) nyolott …. .Pas saya liat Fotonya waaaaaahh emang kreen sih tapi knapa mesti  jauh-jauh ke semeru neng ?? Pan kita juga punya cikuray ,gak kalah indah tuh  apalagi  ada di tanah tercinta tanah sunda..hahahha “lebay lhoo”.

Naaaah ngomong-ngomong  tentang Cikuray  gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia ini  mempunyai ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.

“Walaahhh Bayongbong??? “ Itu tempat kelahiran beta …hahaha

Ditempat itulah daku lahir..yaaa walaupun agak Deso tapi seneng-seneng aja tuh tinggal di tempat tersebut soalnya banyak tempat yg bisa kita kunjungi buat  main anak-anak desa semacam kami.Di sana tuh ada KARAMAT   yaitu semacam gunung kecil  tapi di penuhi kuburan nenek moyang yang pemandangannya indah tenan .2 ada PAMUMBUSAN  yaitu gedung dan jalan buatan belanda katanya ,dulu  tiap hari minggu tempat ini rame banget di kunjungi  dan suka di pake tempat Camping   ,terus ada CURUG CIGANDI yang konon katanya mang Gandi warga setempat meninggal di Curug tersebut,tempat ini juga kalo airnya lagi banyak rame banget di kunjungi orang-orang dari berbagai pelosok hingga suatu saat terjadi demam CIGANDI .Selanjutnya  ada CIHANJUANG tempat orang2 mangkon ,katanya  juga kita bisa  nanyain jodo/karier atau segala macemnya  ke sana ,jika memang dia jodo kita maka batu BESAR yg ada disana bisa kita angkat lhooo ,terus kalo mangkon harus hari Senin atau Kamis ..aku juga heran soalnya pas kesana kebetulan hari minggu terus ..biasa pelajarrr..wkkkw lagian musyrikk tau percaya yang gtu2….. .Oke Kita beralih ke topic awal Gunung Cikuray…next

Nah mungkin kalian ada yang pernah ke Cikuray ??? Gmana  indah kagak??..kalo menurut aku sih indah tenan dulu aku kesana pas abis kelulusan SD .Kita pergi cuman 7 anak SD yang 4 orang baru lulus yang 3 lagi kelas 4 SD ,”waahhhh emangnya pada berani gtuu???” (iiiii takutt )… Eitt gak bertujuh juga lakhhh  dulu kita di temani sama Duo Mang Dodo ,Yang satu  Paman aku dan satu lagi tetangga yang kebetulan naksir sma tmen kitaa jadi pas diajak kyaknya seneng banget soalnya sekarang mereka udah pada Nikah .uuUUuu “Love in Cikuray “.

Waktu itu kita berangkat jam 5 Subuh tepatnya dari Ciharashas salah satu kampung di Bayongbong ..nah di perjalanan banyak cerita-cerita tabu yang layak di perbincangkan ..haha Silet kale…knapa tidak ?? pas di tengah2 perjalanan ada 2 jalan tuh ke Kanan dan Kiri.Katanya Jika kita pilih yang kanan  kita bklalan  selamat dan nyampe ke puncak tapiiii kalo pilih yang kiri maka kita akan di hadang sama beberapa Harimau yang ada di jalan sana ,sebagai anak SD kita percaya2 aja dan ikut Duo Dodo ke jalan arah kanan..(haha ibaratnya kalo kanan ke sorga dan kiri ke Neraka di makan harimauu..).Pas mau nyampe jalannya bner2 curam dan sempit kalo liat kebawah semuanya jurangg..”emaaakkk takuut”..dalam hatiku berkata “sudi deh kesini lagii , capee bangett ,jauh dan jalannya jelekk” (kalo mau gak cape pake mobil ke Ancol tuh “ ..eitt tpi 20 menit kemudian kita nyampe  ke puncak cikuray yang udah kita nanti-nati dari 5 jam yang lalu ……

”YAAA TUHAANN  ini toh yang namanya cikuray kita bisa liat gunung-gunung lain dengan jelas terus terlihat rumah-rumah warga segede handphone ,,pokoknya kreenn deh apalagi kalo cuaca nya lagii cerah pantai Santolo,pamengpeuk dkk, katanya bisa keliatan juga soalnya tepat berada di bawah kita.Tapi walaupun agak mendung itu awan-awan gerak sana gerak sini menyelimuti kita ..kita bisa liat awan di sekililing kita kayak yang di pelm lima centi itu yg diceriatin temen..Disana juga ada gedung kecil lhoo itu buatan pemerintah yaah ukurannya kyak kost aku dehh ..kok kecil amaaat?? Mau besar gmana?? Ngangkut bahan-bahan bangunannya mau pake pesawaatt?? (SEWOTT) “Hehehe iya yaahhh “.

Cuman buat gedung itu doang biaya nya BESAR  sekali lhoo soalnya ngangkut 1 Kg pasir aja yg biasa di bayar 500 perak kalo ngangkut kesana jadi beberapa kali lipat hingga 20-50 rebu perKG .”kalo aku sih boro2 bawa pasir dan segala macemnya kesana, bawa bekal dan harga diri aja udah capeenya minta ampun tuuhh”,hehheeh. Terus disana ada besi ppersegi yg kyak tiang listrik  gtuu..apa sih namanya?? …Nah  itu dipke buat masangin bendera tpii benderanya cman sm karung doang ..Naasnya sekarang udah nggak ada soalnya di curi sama penjahat2 yg gak punya harga diri.Tiangnya yaaa lumayan tinggi tapi kalo di liat dari ciharashas sana cman kyak sapu lidi doang soalnya lumayan jauhh.

Pas disana juga ada Pendaki dari Tasikmalaya lhooo,,mereka nginep dan bisa liat matahari terbit..uuu indah deh kayaknya.Diperjalanan pulang kita kayak Tarsan yang kalo capee jalannya cuman ngegelantung di ranting2….hehe (pokoknya seruuu )

Naahh itulah ceritaku ketika ke cikuray pokoknya disana indaah pisaan lakh bisa main-main.Terus perjalanan kesana cuman 5 jam doang dari Ciharsahas…heeh ada yang mau kesanaaa gaakkk?? Yuk yu yukk

Ini beberapa Foto keindahan cikuray …

Image

Image

Image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s